Saturday, October 25, 2014

[Tutorial] Switch & Self Switch


Tutorial Level : Beginner

Banyak beginner yang baru coba-coba atau masuk ke dunia RM ga ngerti apa itu switch & self switch. Switch & self switch adalah command event yang sangat berguna, dapat digunakan untuk berbagai macam hal. Tutorial ini akan menjelaskan tentang apa itu switch & self switch beserta contoh sederhana penggunaannya.

__


Switch dalam bahasa Indonesia artinya saklar. Switch memiliki 2 posisi yaitu ON & OFF dimana jika dianalogikan dengan saklar lampu, jika posisi switch ON, maka lampu menyala, jika OFF maka lampu mati. Switch dapat mengatur semua event yang ada dalam game tersebut.

Switch dapat digunakan untuk banyak hal, contohnya untuk mentrigger event lain untuk berjalan, merubah suatu event, menghapus suatu event, dsb.

Perbedaan switch dengan self switch tidak banyak, logika dan cara kerja masih sama, tetapi self switch bisa dianalogikan dengan saklar pada suatu benda, yang digunakan untuk mengontrol benda itu sendiri, self switch hanya mengatur atau bekerja pada 1 event.

How it works?

Gw contohin pake event pintu sederhana. Pintu tersebut hanya bisa dibuka kalo player udah pencet switch yang ada di map tersebut.


Event yang sebelah kiri adalah switch, jika player mengaktifkannya, akan mentrigger pintu di sebelah kanan untuk terbuka.

Event Switch Page 1

Event Switch Page 2


Page 1 event switch jika diaktifkan (Ditrigger dengan action button) maka akan mengubah Switch nomor 21, Door Switch ke posisi ON. Page 2 event tersebut akan aktif dengan kondisi jika switch nomor 21 (Door Switch) telah ada pada posisi ON.

Event Door Page 1

Event Door Page 2

Begitu juga pada event pintu, buat 2 page pada event tersebut. Page 2 dikondisikan aktif jika switch nomor 21 (Door Switch) telah ada pada posisi ON. 

Coba kalian buat event kayak diatas. Dan atur sesuai dengan keinginan kalian.

Untuk self-switch, coba gunakan Treasure Chest dari Quick Event Creation

Event Editing Mode (F6) > Klik kanan pada map > Quick Event Creation > Treasure Chest

Treasure Chest dari Quick Event Creation RPG Maker VX / Ace merupakan salah satu contoh penggunaan Self-Switch. Self-Switch terdiri dari A - D, dan memiliki 2 posisi (ON & OFF). Hanya bisa digunakan di 1 event pemilik Self-Switch tersebut.

___

Conclusion 

Switch & self-switch itu mudah dipahami, coba gunakan contoh diatas atau coba berkreasi dengan kreativitas kalian masing-masing untuk lebih mendalami switch & self-switch!

Ini tutorial pertama yang gw tulis di blog gw. Semoga membantu walau gw sendiri juga bingung gimana caranya ngejelasinnya. Bagi yang mau tanya bisa kontak gw lewat komen di blog gw ini atau kontak langsung via FB atau sosmed lainnya.

Staytune buat update & blog post selanjutnya. Thanks!






No comments:

Post a Comment