Monday, February 23, 2015

My RPG Maker Journey

Hey, long time no see, fellas!

Di post ini gua bakal bahas tentang gimana sih awalnya gua kenal engine RPG Maker. Engine ini menurut gua engine yang paling menarik dalam perjalanan game developing gua selama ini.

Pertama kali gua nemuin engine ini adalah pas gua masih duduk di kelas 5 SD. Waktu itu nyokap gua baru punya laptop buat kantor, dan gua mulai tertarik utak atik dan kenalan sama dunia komputer dan game juga tentunya.

Suatu hari gua lagi jalan-jalan di mall dan menyempatkan diri buat beli CD game komputer di toko CD komputer bajakan. Dari dulu yang gua lewatin bagian game, suatu hari gua penasaran, dan coba-coba lewatin bagian software. Ada satu CD yang cover nya menggoda banget buat gua *Anak kelas 5 SD yang suka main game*. Pas gua ambil CD itu, gua baca covernya "RPG Maker 2003".

Singkat cerita, gua beli tu CD. Saat itu gua mikir kalo nanti di masa depan gua bakal jadi game developer.  Setiap hari gua buka, gua pelajarin event-eventnya, iseng buat game pake RTP RM2k3. Setahun kemudian saat gua kelas 6, gua sempet bosen dan lebih suka main bareng sama temen dibanding ubek-ubek RPG Maker.



__

Pas SMP, di tahun 2009 gua mulai buka-buka lagi RPG Maker, jaman-jaman awal Facebook. Suatu hari gua main ke warnet untuk browsing FB, terus gua iseng googling RPG Maker Indonesia. Itu awal dimana gua nemuin forum RMID. Gua adalah member ke 134 dan waktu itu RMID masih pakai domain gratisan. Gua berusaha aktif di forum itu, padahal internet ga bisa gua akses setiap saat pada waktu itu (gua harus ke warnet).

Jaman itu adalah jaman dimana semua belajar bareng, share bareng, semua orang antusias buat explore RPG Maker bareng tanpa ada bully-bully dari "senior" kalau lu tanya sesuatu. Gua merasa jaman itu adalah jaman paling enak buat belajar walau belum banyak tutorial kayak sekarang. Saking semangatnya gua aktif di forum, gua diangkat jadi moderator. Pengangkatan moderator di forum adalah hal yang gua anggep sakral waktu itu. Saat itu voting masih berlaku dan event forum masih ditunggu-tunggu. Sekarang gua menjabat Global Moderator di RMID walau gua ga pernah aktif lagi dan males buat ngurus forum sekarang. Gua males urus forum dengan alesan, gua udah ga merasa ini tempat yang dulu lagi. Gua sadar petinggi-petinggi forum sudah pada kerja dan lebih ngurusin kesibukan dunia nyata.

__

Karena berbagai kesibukan gua ga bisa setiap saat buka RPG Maker dan make RPG Maker buat develop game, mengingat gua punya kesibukan sekolah dan sekarang kuliah. Sekarang gua lagi garap project bareng Theo, Anima Celeste. Itu project pertama kali gua bentuk 2011, dan sempet gua pending bertahun-tahun.

Sekarang gua kuliah jurusan Game Technology di suatu universitas swasta. Disana gua dapet banyak ilmu dan wawasan juga tentang dunia game developing yang lebih luas. Tapi RPG Maker ga bisa gua lepas gitu aja. Well, anak-anak kuliah gua seperti kurang menganggap RPG Maker gitu sih sebagai engine yang bagus tapi banyak juga kok project yang sukses dari engine ini.

So, pesan gua disini. Tetap berkarya buat yang masih semangat pakai engine ini. Jangan patah semangat jika kalian bertanya tetapi tidak mendapat jawaban yang diharapkan alias di bully. Terus belajar dan berkarya. Sorry kalau post ini gak jelas.

- Yerry

1 comment:

  1. saya masih baru soal rpg maker, terus saya juga udh buat map segala macem dan terakhir saya mau bikin intro game (dahulu kala dan blalala) saya bingung. gimana cara transfer character utama ke map yang berbeda beda secara otomatis. pertama saya berhasil tapi saya bingung gimana cara transfer player otomatis ke map yang kedua. Bisa ga ya? atau emang ga bisa?

    ReplyDelete